Olah Pernapasan | Ketenangan Diri | Puasa Dan Kekuatan Fisik | Meditasi

Selasa, 09 Oktober 2012

Atasi Gangguan Percernaan Lewat Makanan


Perut merasa mulas, diare, kembung, susah BAB dan gangguan pencernaan lainnya seringkali menjadi masalah yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Jangan biarkan rasa tak nyaman ini terjadi pada Anda terus menerus. Atasilah dengan makanan-makanan alami yang terbukti manjur untuk meredakan kondisi tersebut. 


 Pisang
Buah ini mengandung tingkat kalium dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam pisang akan berperan sebagai pengganti elektrolit yang efektif untuk dikonsumsi saat sedang diare. Mineral yang terdapat dalam pisang juga akan ditransmisikan ke otak untuk membantu mengurangi stres dan membantu mengatur tingkat air dalam tubuh.
 Buah Plum
Buah plum saat ampuh untuk mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang dapat memperlancar proses pencernaan. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat Anda terlihat lebih awet muda.
 Apel
Apel terkenal sebagai buah yang kaya akan serat dan air. Cobalah untuk mengonsumsi apel pada waktu perut kosong, terutama di pagi hari, karena mengonsumsi apel secara teratur memastikan gerakan usus halus dan membantu dalam mencegah sembelit dan gangguan perut.
 Yogurt
Yogurt mengandung bakteri asam laktat sehingga membantu mengaktifkan enzim laktase dalam saluran pencernaan, sehingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan dan sakit perut. Itulah sebabnya, banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi yogurt bila Anda sedang sakit perut.
 Oats
Oats mengandung serat, folat, vitamin A dan seng, sehingga membuatnya menjadi makanan yang paling mudah dicerna. Makanan olahan dari gandum ini juga menjadi makanan terbaik bagi orang diet, karena oats memperlambat proses pencernaan, sehingga perut merasa kenyang lebih lama.
 Mint
Daun mint dapat mengobati perut kembung dengan cara menyeduhnya dan kemudian meminumnya. Daun mint membantu menenangkan kondisi tidak nyaman di perut. Aroma mint juga dapat mengaktifkan kelenjar air liur dan kelenjar yang menghasilkan enzim pencernaan. Alhasil percernaan kita pun lancar. 
 Jahe
Rempah-rempah ini bersifat menghangatkan sehingga mampu meredakan rasa mual, muntah, mabuk dalam perjalanan, kembung dan gejala flu ringan. Jahe juga terbukti berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengatasi masuk angin. Selain itu, Jahe juga melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung. 

1 komentar:

Ismail Wiroprojo mengatakan...

Thanks for your response.. good luck!

Mersudi Patitising Tindak, Pusakane Titising Hening - Ismail Wiroprojo