Olah Pernapasan | Ketenangan Diri | Puasa Dan Kekuatan Fisik | Meditasi

Rabu, 29 Juni 2011

MEDITASI sebagai Alternatif di Jaman Modern (2)



Olah Nafas Meditasi
Dalamn kehidupan sehari – hari , manusia secara konstan menggunakan energi dasar kehidupan yang dimiliki untuk menunjang aktivitasnya. Oleh karena itu memerlukan penambahan prana yang konstan pula untuk tetap dapat mempertahankan kondisi dan keseimbangan tubuh, pikiran, dan emosinya.

Salah satu injeksi prana yang dipandang paling ampuh guna memenuhi kebutuhan tersebut adalah melalui olah pernapasan. Maka dikembangkanlah serangkaian bentuk latihan khusus olah pernapasan untuk mendapatkan energi prana. Tujuan latihan ini adalah mengubah sistem pernapasan dari sistem pernapasan biasa menjadi olah pernapasan khusus dengan teknik dan aturan tertentu.

Dari beberapa studi dan eksperimen ternyata pernapasan berhubungan erat dengan situasi maupun kondisi mental dan jiwa seseorang. Seorang ahli kesehatan, dokter Peter Steincrohn mengemukakan bahwa pasiennya yang terserang rasa khawatir ternyata mempunyai pernapasan yang pendek, cepat dan tidak beraturan. Dia menyebutnya sebagai overbreathing.

Hendaknya kita semua tahu karena hal ini sudah merupakan keyakinan bahwa pernapasan yang mantap hanya dapat dicapai dalam ketenangan batin. 
Ketenangan batin  dapat dilatih  dan dicapai dengan melakukan olah pernapasan dan meditasi. Melalui meditasi seseorang berlatih  dan berusaha untuk berkonsentrasi menciptakan kedamaian dalam dirinya dengan cara menenangkan pikirannya yang sedang berjalan – jalan untuk selanjutnya memasuki  situasi mental  yang tenang. Ini ditempuh dengan melakukan relaksasi  tubuh dengan menghentikan sementara  kerja  saraf-saraf sensorik dan motorik. 

Dengan begitu terjadilah pembalikan aliran biologi, yang semula berupa aliran dari dalam keluar menjadi aliran dari luar ke dalam. Sekarang dapat disimpulkan bahwa Latihan Olah Pernapasan Meditasi adalah suatu bentuk  latihan pernapasan  guna meningkatkan kualitas dan kuantitas prana  dengan memanfaatkan relaksasi tubuh yang dicapai melalui penekanan selaput otak dengan pikiran sendiri, sehingga kekuatan dan kesehatan tubuh semakin meningkat.

Meditasi sebagai Alternatif di Jaman Modern 3 klik di sini 

Meditasi sebagai Alternatif Di Jaman Modern 1 | 2 | 3 | 4

Tidak ada komentar:

Mersudi Patitising Tindak, Pusakane Titising Hening - Ismail Wiroprojo