Olah Pernapasan | Ketenangan Diri | Puasa Dan Kekuatan Fisik | Meditasi

Selasa, 13 Agustus 2013

Cara Melindungi Otak di Hari Tua

Salah satu cara untuk melindungi otak manusia pada saat memasuki usia lanjut (tua) adalah dengan melakukan gemar membaca dan menulis.

Semakin bertambahnya usia, kualitas dan kinerja otak terus menurun. Walaupun sulit dihindari, namun ada cara untuk mencegah hal tersebut.


Jika masih memiliki kesempatan di usia muda, ada berbagai cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mencengah penurunan kualitas otak di hari tua.

Penyakit lupa seperti dementia dan alzheimer dapat dicegah melalui perubahan pola gaya hidup yang lebih sehat seperti diet yang seimbang dan olahraga.

Tak hanya itu, kegiatan seperti membaca dan menulis ternyata sangat mempengaruhi kualitas otak di hari tua.

Seperti dilansir Belle, Selasa (9/7) studi yang dipublikasikan di Neurology menunjukkan bahwa orang yang tetap membiarkan otak sibuk dan bekerja melalui usaha membaca dan menulis, memiliki resiko terkena gangguan daya ingat 15% lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang melakukannya.

Dr. Robert Wilson dari Rush University Medical Center di Chicago mengungkapkan pentingnya menjaga kinerja otak selama kita hidup sehingga di hari tua, otak tetap berfungsi secara baik.

Dr. Robert Wilson menjelaskan bahwa “Otak yang kita miliki saat hari tua, bergantung kepada kebiasaan kita dalam hidup".

Tidak ada komentar:

Mersudi Patitising Tindak, Pusakane Titising Hening - Ismail Wiroprojo