Olah Pernapasan | Ketenangan Diri | Puasa Dan Kekuatan Fisik | Meditasi

Rabu, 05 November 2014

Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Bagi ibu yang baru melahirkan, gangguan tubuh seperti bengkak di seluruh tubuh terutama kaki merupakan hal yang sudah normal terjadi. Beberapa wanita justru mengalami kaki bengkak setelah melahirkan, namun jangan khawatir, kaki bengkak ini adalah kondisi yang biasa terjadi dan akan hilang dengan sendirinya. 
Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan pada umumnya disebabkan terhambatnya aliran darah di kaki dan peningkatan volume darah selama hamil yang didistribusikan dalam beberapa minggu setelah melahirkan.

Pembengkakan di daerah pergelangan kaki dan sekitarnya bisa Anda kurangi juga dengan melakukan beberapa cara, antara lain :
Cobalah tinggikan posisi kaki Anda
Selalu tinggikan posisi kaki Anda baik saat duduk ataupun saat tidur. Ketika Anda dengan duduk santai, berikanlah sandaran yang bisa Anda buat untuk meletakkan kaki Anda agak sejajar dengan posisi lutut atau sedikit lebih rendah. Hal ini akan membantu mengurangi cairan yang menumpuk di area pergelangan kaki.
Hindari posisi menyilangkan kaki saat duduk
Posisi menyilangkan kaki saat duduk bisa menghambat peredaran aliran darah sehingga akan memperburuk kondisi pembengkakan. Jadi selalu ingatlah untuk memposisikan telapak kaki rata dengan lantai.
Luangkan waktu untuk peregangan
Anda bisa mengambil sedikit waktu untuk melakukan peregangan dengan cara berdiri dan berjalan-jalan di rumah Anda. Jangan hanya terus berkutat di tempat duduk Anda seharian penuh. Sedikit peregangan akan membantu sirkulasi peredaran darah Anda menajdi lebih lancar.
Rendam dengan air garam
Karena kandungan mineral di dalam garam bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi bengkak di kaki, maka tidak ada salahnya Anda bisa mencoba resep yang satu ini dengan cara melarutkan garam pada air suam-suam kuku dan rendamlah kaki Anda. Anda akan merasakan kaki Anda lebih relaks dan ringan.
Jangan menahan kencing
Umumnya ibu yang baru melahirkan terlebih yg normal kerapkali menahan kencing, takut jahitannya tidak kering-kering dan perih, tetapi hal itu sebenarnya salah. Kencing tidak mempengaruhi cepat lamanya jahitan menjadi kering.
Jika Anda mengalami bengkak di tubuh Anda terutama di bagian kaki, apalagi berlangsung hingga 1 minggu, maka Anda perlu segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter karena ditakutkan terjadi penyumbatan pembuluh darah. 
Silahkan diobati dengan ramuan yang terbuat dari ramuan alami seperti rendaman kaki yang dapat melancarakan aliran darah pada bagian kaki, meningkatkan metabolisme badan, serta membuat tidur Anda lebih nyenyak. 

Sumber : Pondok Ibu 

Tidak ada komentar:

Mersudi Patitising Tindak, Pusakane Titising Hening - Ismail Wiroprojo