Olah Pernapasan | Ketenangan Diri | Puasa Dan Kekuatan Fisik | Meditasi

Selasa, 13 Agustus 2013

Air Putih Mempercepat Respon Otak

Dengan mengkonsumsi  Air Putih, Membuat Otak Merespons 14 Persen Lebih Cepat

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ketika Anda minum air putih, pikiran Anda semakin tajam. Rasa haus bisa mengambil perhatian otak sehingga otak tidak fokus pada tugas yang ada di tangan Anda. Hal itu yang menyebabkan waktu respons Anda menjadi lebih lambat.


Para peneliti dari University of East London School of Psychology di Inggris telah melakukan percobaan kepada beberapa orang peserta. Peserta disuruh untuk minum sekitar tiga gelas air putih atau sekitar 775 mililiter sebelum melakukan serangkaian tes kognitif. 

Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa orang yang telah mengonsumsi air putih, waktu reaksinya lebih cepat daripada peserta yang tidak mengonsumsi air putih.

"Mungkin saja proses fisiologis, minum atau tidak minum air putih, mempengaruhi kinerja seseorang pada saat mereka mengerjakan tugas," terang Edmonds Caroline, seorang peneliti, seperti dilansir zeenews.com, Selasa (30/7/2013).

Selain itu, penelitian lain juga melakukan hal yang sama. Mereka melakukan dua kali percobaan. Pada percobaan pertama, para peserta disuruh untuk mengonsumsi sereal bersama dengan air. Pada percobaan berikutnya, para peneliti hanya menyediakan sereal tanpa adanya air.

Untuk membuktikan apakah air berpengaruh pada kemampuan otak, para peneliti mengharuskan para peserta menekan tombol sesegera mungkin setelah mereka melihat objek di layar komputer. Hasil yang didapatkan adalah respons peserta 14 persen lebih cepat ketika mereka mengonsumsi air putih.

Tidak ada komentar:

Mersudi Patitising Tindak, Pusakane Titising Hening - Ismail Wiroprojo